Design a site like this with WordPress.com
Get started

DELF A1 TEST

Assalamualaikum, apa kabar ?

Sudah siap-siap kalendar baru? atau resolusi tahun baru?

Aku bukan termasuk yang suka menyiapkan resolusi tahun baru, malah lebih suka flashback dan mencatat apa saja yang terjadi tahun ini untuk belajar dan bersyukur.

Salah satu moment yang ingin aku kenang tahun ini adalah tentang keberanianku ikut ujian DELF Perancis November lalu. Sudah kenal Bahasa Perancis sejak SMA, terus pas kuliah juga, kemudian sampai lupa, berusaha belajar lagi dan akhirnya baru berani mengukur kemampuan dengan ujian resmi. Meskipun baru di level basic A1, bisa lulus dengan angka 80an itu something banget.

Nah, bagi kalian yang mungkin juga pingin nyobain ujian DELF for fun atau untuk kepentingan spesifik, semoga tulisan ini memberi inspirasi. Ça vaut la peine d’essayer (It’s worth a try).

Informasi berikut aku ambil dari website IFI Jakarta https://www.ifi-id.com/id/delf-dalf

DELF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis) dan DALF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis Tingkat Lanjut) adalah ijazah resmi yang diterbitkan dan dijamin oleh CIEP (Pusat Internasional Studi Pedagogi), lembaga sertifikasi kompetensi bahasa Prancis untuk orang asing non frankofon yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Prancis. Ijazah ini berlaku seumur hidup lo, dan diakui di 165 negara.

Berikut level-level ujian DELF/DALF.

DELF-DALF Tout Public Ditujukan untuk publik umum non frankofon yang ingin mengesahkan kemampuan bahasa Prancis untuk keperluan pribadi, profesional, maupun akademis. 6 level: A1, A2, B1, B2, C1, C2. 3 sesi ujian per tahun.

DELF Junior untuk menguji kemampuan bahasa Prancis pelajar SMP-SMA usia 12-17 tahun dengan tema-tema yang disesuaikan dengan ketertarikan mereka. Ijazah ini menguatkan motivasi dan persiapan untuk menggapai jenjang pendidikan tinggi di Prancis.

DELF Scolaire juga ditujukan bagi para pelajar SMP-SMA. Namun, penyelenggaraannya dilakukan dalam kerangka kerja sama antara Institut Français atau Alliance Française dengan institusi pendidikan di Indonesia, serta menawarkan tarif yang lebih murah dibandingkan DELF Junior. 4 level: A1, A2, B1, B2. 3 sesi ujian per tahun

DELF PRIM diperuntukan bagi anak-anak usia 7-12 tahun yang termasuk dalam kategori penutur asing level pemula. 3 level: A1.1, A1, A2. 2 sesi ujian per tahun.

Berikut ini cara mendaftar :

1. Unduh formulir ujian DELF atau DALF sesuai jenis ujian yang Anda pilih: Tout publicJuniorScolairePrim. Bisa dengan mengisi form online
2. Isi dan kembalikan formulir ke Sekretariat Kursus sesuai IFI yang Anda pilih, berserta fotokopi KTP.
3. Bayar biaya ujian. Biasanya mesti langsung ke tempat, tapi karena tahun ini special, bisa dengan transfer.

Ada 4 kompotensi yang diujikan masing-masing bernilai 25 poin dengan nilai terendah kelulusan 5/25 per kompetensi. Angka minimal kelulusan adalah 50/100 untuk keseluruhan kompetensi. Pas ujian kemarin, aku tidak sempat fokus belajar karena berbarengan dengan jadwal audit di kantor. Ga mau muluk-muluk, target lulus aja. Minimal dapat 60, maximal 70.

Berdasarkan pengalamanku kemarin, level A1 relatif mudah bagi pemula. Kalau sudah pernah kursus atau belajar basic, In Shaa Allah lulus. Aku hanya belajar dari soal-soal tahun sebelumnya dan bisa dibilang typical. Berkaitan dengan angka, nama, nationality, harga, jadwal perjalanan, dan sejenisnya.

Kemarin, aku ikut jadwal ujian tanggal 16 November 2020. 30 menit sebelum ujian dimulai, peserta sudah diharuskan hadir di ruang ujian. Saat itu satu ruangan hanya ada 6 peserta. Kami diinformasikan sebelumnya, untuk memakai face shield dan masker.

Ujian terbagi 4 sesi. Pertama listening. Dialog sederhana tentang undangan makan dan iklan di supermarket. Tiap Dialog diputar 2 kali, jadi sangat membantu. Kemudian ada 5 dialog sederhana yang mesti kita cocokan dengan gambar pada soal. Untuk melatih pendengaran, search aja video latihan Delf di Youtube.

Bagian ke dua membaca. Ada beberapa bacaan singkat dan sederhana tentang lowongan pekerjaan, sebuah catatan liburan dan sebuah informasi mengenai Bandara. Kemudian 1 soal tentang menggambar rute untuk menemukan sebuah ruangan berdasarkan petunjuk pada bacaan.

Bagian ke tiga adalah menulis. Ini yang paling berat buatku karena aku punya penyakit susah mengeja. Bahasa Inggris yang sering digunakan aja sulit banget kalau mesti nulis. Well, kebanyakan dibantu auto correct sih. Kabar baiknya, di level A1 & A2, typo masih dimaafkan.

Kemarin, soal di bagian writing ada 2, pertama mengisi form pendaftaran sport club. Mengisi nama depan, nama belakang, nationality, umur, tanggal lahir, alamat, email, pilihan olahraga dan hari. Sepertinya form model ini hampir selalu keluar. Soal ke 2 adalah menulis postcard mengenai liburan di kota besar, minimal 50 kata. Hmmm, aku beruntung di bagian ini karena sudah latihan bikin karangan dibantu native. Usaha menghafal Alhamdulillah sukses. Melihat contoh-contoh soal, tipikal tema bagian ini antara lain menulis post card tentang liburan, surat undangan pesta, ajakan liburan, atau menolak undangan.

Bagian terakhir adalah speaking. pada bagian ini ada 3 sesi. Sebelum ujian dimulai, peserta dipersilakan memilih kertas berisi tema yang akan diujikan dan mempersiapkan diri selama 10 menit. Sesi pertama memperkenalkan diri. Pada sesi kedua, peserta mewawancarai penguji berdasarkan tulisan pada kertas yang sudah dipilih. Saat itu kertas yang aku pilih berisi kota, saudara, teman, pekerjaan, 2 lainnya lupa. Tips : pelajari kalimat-kalimat tanya. Sesi terakhir, peserta dan penguji bermain peran sebagai penjual dan pembeli. Aku memilih kertas bergambar agenda, laptop, lampu dan pensil. Sempat panik pas menyebutkan harga, well, apapun bahasanya, angka adalah kelemahanku. Bagian ini aku dapat nilai terendah.

Akhirnya, setelah 3 minggu menunggu, hasil ujianpun diumumkan. Aku lulus dengan nilai 84.5. J’hallucine !!!

Alors, ce n’est que le debut. OTW A2 tahun depan !!!!

Advertisement

Published by EmiTj

I love travelling and farming, so i combine both

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: